Kamis, 07 Mei 2015

COMPUTER SYSTEM OVERVIEW

           1.       Elemen Utama
a.       Processor
Processor disini adalah Central Processing Unit(CPU) yang berfungsi untuk mengkontrol jalannya computer dan memproses data di dalam computer
b.      Main Memory/Primary Memory
Digunakan untuk menyimpan data,namun sifatnya volatile(penyimpanan datanya bersifat sementara dimana kalau listrik off maka semua datanya akan hilang)
*Secondary Memory -> Hardisk
  RAM -> Bersifat Volatile
  ROM -> Bersifat NonVolatile
c.       I/O Module
-Yang memindahkan data antar computer dan external environment
-Terminal
-Secondary Memory Devices
-Comunication Equipment
           d.    System Bus

                  Menyediakan komunikasi antar processor, Main Memory, dan I/O Modul

      2.       Introduction Cycle
        
                  
                    Fetch     -> berfungsi untuk mengambil data dari pembacaan intruksi dari memori 
                    Decode -> Yang menterjemahkannya
                    Execute -> Berfungsi untuk menjalanka n setiap intruksi
                    Processor menginterpretasikan intruksi dan menjalankan aksi yang dibutuhkan, Kategori                     aksinya 4,yaitu
                                a.       Proccesor – Memory
                                Data ditransfer dari processor ke memori  atau memori ke processor
                                b.      Processor -I/O
                                Data ditransfer antar processor dan I/O Module dan sebaliknya
                                c.       Data Processing
                                Processor menjalankan logika operasi data
                                d.      Control
                                Yang mengkontol urutan eksekusi programnya




             3.       Interrupt
              -Tipe dari Interrupt
                    a. Program
                       @Aritmatic Overview
                          Contoh : Space memori yang sudah maximum dan dia tidak bisa menampung lagi
                       @Division by Zero
                           Contoh: 1/0, 0/0
                       @Execute an Ilegal Instruction
                           Contoh: Misal contoh kodingan didalam struktur data(next – next – prev tapi saat di                            prev maka isinya kosong maka akan menyebabkan program break)
                       @References Outside User’s Memory Space
                           Contoh: scanf(“%d”,x);
                           Dia akan gagal karena dia mereferences x dimana x masih belum disesuaikan                                        memori spacenya maka menjadi break
                     b. Timer
                     c. I/O
                     d. Hardware Failure

        4.     Memory
              
                     Register
                     -  yang palin cepat
                     -  Ukurannya kecil (Kekurangannya)
              
                     Cache
        -  Dia Cepat
        -   Biasanya dipakai untuk kodingan program tiket dan lain-lain yang kerjanya cepat




Tidak ada komentar:

Posting Komentar